Rabu, 03 Desember 2008

Strategi Pembelajran Think-Talk-Write

Strategi mengajar menyangkut pemilihan cara yang dipilih guru dalam menentukan ruang lingkup, urutan bahasan, kegiatan pembelajaran, dan lain-lain dalam menyampaikan materi matematika kepada siswa di depan kelas (Hudoyo, 1990: 11).
Think-talk-write adalah strategi yang memfasilitasi latihan berbahasa secara lisan dan menulis bahasa tersebut dengan lancar. Strateg think-talk-write didasarkan pada pemahaman bahwa belajar adalah sebuah perilaku sosial. Strategi think-talk-write mendorong siswa untuk berfikir, berbicara, dan kemudian menuliskan berkenaan dengan suatu topik. Strategi think-talk-write digunakan untuk mengembangkan tulisan dengan lancar dan melatih bahasa sebelum menuliskannya. Strategi think-talk-write memperkenankan siswa untuk mempengaruhi dan memanipulasi ide-ide sebelum menuliskannya. Strategi think-talk-write juga membantu siswa dalam mengumpulkan dan mengembangkan ide-ide melalui percakapan terstruktur (http://www.mtsd.k12.wi.us/MTSD/District/ela-curriculum-03/writing/think_talk_write.html).
Strategi pembelajaran think-talk-write yang diperkenalkan oleh Huinker dan Laughlin (1996: 82) dengan alasan bahwa strategi ini pembelajaran think-talk-write ini membangun secara tepat untuk berfikir dan refleksikan dan untuk mengorganisasikan ide-ide serta mengetes ide tersebut sebelum siswa di minta untuk menulis.
Dalam kegiatan pembelajaran matematika sering ditemui bahwa ketika siswa diberikan tugas tertulis, siswa selalu mencoba untuk langsung memulai menulis jawaban. Walaupun hal itu bukan sesuatu yang salah, namun akan lebih bermakna jika dia terlebih dahulu melakukan kegiatan berpikir, merefleksikan dan menyusun ide-ide, serta menguji ide-ide itu sebelum memulai menulisnya. Strategi think-talk-write yang dipilih pada penelitian ini dibangun dengan memberikan waktu kepada siswa untuk melakukan kegiatan tersebut (berpikir, merefleksikan dan untuk menyusun ide-ide, dan menguji ide-ide itu sebelum menulisnya).
Tahap pertama kegiatan siswa yang belajar dengan strategi think-talk- write adalah think, yaitu tahap berfikir dimana siswa membaca teks berupa soal (kalau memungkinkan dimulai dengan soal yang berhubungan dengan permasalahan sehari-hari siswa atau kontekstual). Dalam tahap ini siswa secara individu memikirkan kemungkinan jawaban (strategi penyelesaian), membuat catatan kecil tentang ide-ide yang terdapat pada bacaan, dan hal-hal yang tidak dipahaminya sesuai dengan bahasanya sendiri.
Tahap kedua adalah talk (berbicara atau diskusi) memberikan kesempatan kepada siswa untuk membicarakan tentang penyelidikannya pada tanap pertama. Pada tahap ini siswa merefleksikan, rnenyusun, serta menguji (negosiasi, sharing) ide-ide dalam kegiatan diskusi kelompok. Kemajuan komunikasi siswa akan terlihat pada dialognya dalam berdiskusi baik dalam bertukar ide dengan orang lain ataupun refleksi mereka sendiri yang diungkapkannya kepada orang lain.
Tahap ketiga adalah write, siswa menuliskan ide-ide yang diperolehnya dan kegiatan tahap pertama dan kedua. Tulisan ini terdiri atas landasan konsep yang digunakan, keterkaitan dengan materi sebelumnya, strategi penyelesaian, dan solusi yang diperolehnya.
Menurut Silver dan Smith (1996: 21), peranan dan tugas guru dalam usaha mengefektifkan penggunaan strategi think-talk-write adalah mengajukan dan menyediakan tugas yang memungkinkan siswa terlibat secara aktif berpikir, mendorong dan menyimak dengan hati-hati ide-ide yang dikemukakan siswa secara lisan dan tertulis, mempertimbangkan dan memberi informasi terhadap apa yang digali siswa dalam diskusi, serta memonitor, menilai, dan mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif. Tugas yang disiapkan diharapkan dapat menjadi pemicu siswa untuk bekerja secara aktif yaitu soal-soal yang mempunyai jawaban divergen atau open ended task.
Untuk mewujudkan pembelajaran yang sesuai dengan harapan diatas, dirancang pembelajaran yang mengikuti langkah-langkah berikut:
a. Siswa membaca teks dan membuat catatan dari hasil bacaan secara individual (think), untuk dibawa ke forum diskusi.
a. Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman satu grup untuk membahas isi catatan (talk). Dalam kegiatan ini mereka menggunakan bahasa dan kata-kata yang mereka sendiri untuk menyampaikan ide-ide matematika dalam diskusi. Pemahaman dibangun melalu interaksinya dalam diskusi. Diskusi diharapkan dapat menghasilkan solusi atas soal yang diberikan.
b. Siswa mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang rnemuat pemaharnan dan komunikasi matematika dalam bentuk tulisan (write).
c. Kegiatan akhir pembelajaran adalah membuat refleksi dan kesimpulan atas materi yang dipelajari. Sebelum itu dipilih satu atau beberapa orang siswa sebagai perwakilan keompok untuk menyajikan jawabannya, sedangkan kelompok lain diminta memberikan tanggapan.

14 komentar:

Wonkpaket mengatakan...

Met pg ibu..sebelumnya perkenalkan dulu saya rohim. sy sedng menyelesaikan perkuliahan di upi jurusan pend. mat. kebetulan saya ingin menulis skripsi tentang strategi TTW (think talk write). klo sy minta bantuan ibu bisa ga? soalnya saya masih bingung nih tentang masalah yang akan saya ungkap. menurut ibu klo di jaman sekarang ini masih cocok ga sih strategi ini di terapkan disekolah?
rencananya saya akan membahas tentang pemahaman konsep dan komunikasi matematikanya. tapi saya sampai saat ini masih ragu.karena saya masih belum punya refensinya. klo menurut ibu sebaiknya yang saya fokuskan/saya tulis tentang TTW ini di bidang apanya ya bu...mohon bantuannya ya bu. klo bisa ibu jawabnya lewat email aja. email saya wonkpaket@gmail.com

Unknown mengatakan...

assalamualaikum bu'..
sblumnya p'knalkan saya wiwin,kuliah dslah satu perguruan tinggi di kalimantan barat jurusan mtk,,saya tertarik dengan strategi TTW ini dan ingin menggunaknnya dalam skripsi saya,,saat ini saya sedang mencari judul untuk skripsi saya,dan rencananya saya ingin menggunakn strategi ini,dengan menggabungkannya dengan media musik untuk pembelajaran materi PLSV dikelas VII,namun,,saya msh ragu n bingung,karna saya juga belum mempunyai referensi tentang strategi ini.menurut ibu bagaimana tentang penggabungan strategi ini dengan media belajarnya,atau media apa yang lebih tepat untuk digunakan,,,lalu bagaimana dengan rencna saya tentang penggunaan strategi ini namun saya belum ada referensinya,,sebelumnya terima kasih. mohon bantuannya n mohon dijawab melalui almat email saya wie2n170388@rocketmail.com.

Yo3_SuCK's mengatakan...

Selamat Pagi...Saya Wahyu mahasiswa pendidikan pasca sarjana pendidikan matematika UPI. saya tertarik dengan strategi pembelajaran Think-Talk-Write yang di temukan oleh Huinker & Laughin ini...
Hanya saya masih bingung tentang urutan TTW tersebut...
Apakah urutan Strategi Think-Talk-Write tersebut sudah pasti (Tidak dapat di rubah menjadi Think-Write-Talk)....
Karena dari langkah-langah yang ibu ungkapkan di atas bahwa langkah write dilakukan setelah diskusi..padahal tahap write bisa dilakukan setelah siswa memikirkan jawaban yang (Tahap Think)...
Mohon Pendapatnya...
Terima Kasih...

Melly Andriani mengatakan...

makasih yoe. urutan langkah kegiatan pembelajaran bisa dikembangkan.Strategi TTW yang pernah saya pratekkan pada tahap think anak dipersilakan melakukan kegitan di LKS yang disipkan, lalu anak menuliskan di menuliskan kesimpulannya secara indivial, setelah itu baru talk yaitu siswa berdiskusi,tahap akhir siswa meniliskan hasil diskusi kembali.
jadi tahapannya Think, write, talk and write. write yang pertama untuk bahan yang akan mereka diskusikan dan yang kedua untuk kesimpulan akhir. langkah-langkah dapat dimodifikasi. selamat mencoba

brian mengatakan...

selamat siang .......ini saya mau tanya,berarti strategi TTW sama dengan metode diskusi gak sih?bedanya apa metode diskusi dengan strategi TTW ini?dibalas melalui emai saya aja,ni alamat email saya hayyu.f@gmail.com.sebelumnya terimakasih!!!!!!!!!!!!!!!

Nurin Bowsom mengatakan...

asslm... mohon bantuannya untuk memberikan referensi mengenai TTW.. kelebihan kekurangan beserta sintaksnya.. buku2 apa saja yang membahas mengenai TTW... trima kasih

Anonim mengatakan...

Saya punya beberapa artikel lain terkait TTW yang juga saya sadur dari beberapa blog..semoga bermanfaat
http://maiamatheacer.wordpress.com/

AmeLya K. mengatakan...

assalamu'alaikum bu, mhon bntuannya untuk menginfokan ttg referensi strategi TTW ini. oia bu, menurt ibu, TTW bagus gak kalau dikolaborasikan dengan mind mapping? mhon konfirmasinya bu. terimakasih sebelumnya. ini alamat email saya
melisa_elfazrie@ymail.com

Nurkhairunnisa Shiregard mengatakan...

assalamualaikum bu'..
sblumnya p'knalkan saya nisa,kuliah dslah satu perguruan tinggi di sumatera utara jurusan mtk,,saya tertarik dengan strategi TTW ini dan ingin menggunaknnya dalam skripsi saya,,saat ini saya sedang mencari judul untuk skripsi saya,dan rencananya saya ingin menggunakn strategi ini,dengan menggabungkannya dengan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan materi PLSV dikelas VII,namun,,saya msh ragu n bingung,karna saya juga belum mempunyai referensi tentang strategi ini.menurut ibu bagaimana tentang penggabungan strategi ini dengan kemampuan komunikasi matematika siswa,lalu bagaimana dengan rencna saya tentang penggunaan strategi ini namun saya belum ada referensinya,,sebelumnya terima kasih. mohon bantuannya n mohon dijawab melalui almat email saya
nurkhairunnisa19@yahoo.co.id

Nurkhairunnisa Shiregard mengatakan...

assalamualaikum bu'..
sblumnya p'knalkan saya nisa,kuliah dslah satu perguruan tinggi di sumatera utara jurusan mtk,,saya tertarik dengan strategi TTW ini dan ingin menggunaknnya dalam skripsi saya,,saat ini saya sedang mencari judul untuk skripsi saya,dan rencananya saya ingin menggunakn strategi ini,dengan menggabungkannya dengan kemampuan komunikasi matematika siswa dengan materi PLSV dikelas VII,namun,,saya msh ragu n bingung,karna saya juga belum mempunyai referensi tentang strategi ini.menurut ibu bagaimana tentang penggabungan strategi ini dengan kemampuan komunikasi matematika siswa,lalu bagaimana dengan rencna saya tentang penggunaan strategi ini namun saya belum ada referensinya,,sebelumnya terima kasih. mohon bantuannya n mohon dijawab melalui almat email saya
nurkhairunnisa19@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum
saya Dimazh Jiko,...mahasiswa paska sarjana pendidikan Bahasa Inggris... saya membutuhkan referensi dn buku tentang TTW...
tolong jawab di imel saya : dimazhzieko@gmail.com

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum
saya Dimazh Jiko,...mahasiswa paska sarjana pendidikan Bahasa Inggris... saya membutuhkan referensi dn buku tentang TTW...
tolong jawab di imel saya : dimazhzieko@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mohon maaf bu saya Izi mahasiswa UNY. Saya membutuhkan referensi buku TTW. Boleh minta tolong untuk memberi ebooknya bu? Di nathaysia21@gmail.com

Unknown mengatakan...

Mohon maaf bu saya Izi mahasiswa UNY. Saya membutuhkan referensi buku TTW. Boleh minta tolong untuk memberi ebooknya bu? Di nathaysia21@gmail.com